Contoh PTK dan Proposal PTK

Contoh PTK, Contoh Proposal PTK, Contoh Judul PTK, Daftar Pustaka, Kajian Pustaka, Teori Pembelajaran, PTK IPA Matematika Bahasa Indonesia Penjaskes PKn IPS

  • Home
  • Naik Pangkat
  • IPA
  • MTK
  • BI
  • Penjaskes
  • IPS
  • PKn
  • B Iggr
Home » BAB III Metode Penelitian » Kelas V » Penjaskes » PTK Penjaskes BAB III Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Kelas V

Monday, February 3, 2014

PTK Penjaskes BAB III Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Kelas V

Pada postingan BAB II tentang PTK Penjaskes Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Kelas V terdahulu, telah dibahas tentang kajian pustaka variabel penelitian dengan mengambil pengertian referensi dari para ahli. Berikut ini contoh PTK Penjaskes BAB III Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Kelas V.

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Tempat dan Waktu Penelitian

1.    Tempat Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SD yang berlokasi di desa kecamatan dan kabupaten.

2.    Waktu penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Pelajaran, yaitu dari bulan April sampai dengan bulan Juni dengan rincian sebagai berikut:
  • Observasi kelas yang akan diteliti
  • Penyusunan proposal dan RPP
  • Pelaksanaan tindakan siklus I
  • Pelaksanaan tindakan siklus II
  • Penyusunan laporan hasil penelitian
B.    Subjek Penelitian

Subyek penelitian ini adalah kelas V SD tahun pelajaran. Keseluruhan siswa kelas V SD Negeri dijadikan subyek  penelitian.Jumlah subyek dalam penelitian yaitu 26 orang yang atas: 16 orang berjenis laki-laki dan 10 orang berjenis kelamin perempuan.

C.    Data dan Sumber Data

Sumber data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut:
  • Data Hasil belajar pasing atas, diperoleh dari siswa;
  • Data Aktivitas guru, diperoleh dari peristiwa selama KBM berlangsung;
  • Data Keaktivan siswa, diperoleh dari peristiwa selama KBM berlangsung;
  • Data Pelaksanaan KBM dengan bantuan tutor sebaya, diperoleh dari peristiwa selama KBM berlangsung.
D.    Pengumpulan Data

Data  yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas ini berupa catatan hasil pengamatan. Hasil pengamatan tersebut dikumpulkan melalui pengamatan, hasil tes siswa dan angket. Pemberian dan pengisian angket oleh siswa dilaksanakan pada pertemuan ke dua (siklus terakhir), setelah tindakan selesai.

E.    Uji Validitas Data

Data yang sudah terkumpul merupakan modal awal yang sangat berharga dalam penelitian ini, dari data yang terkumpul akan dilakukan analisis yang selanjutnya dipakai sebagai bahan masukan untuk penarikan kesimpulan. Melihat begitu besarnya posisi data, maka keabsahan data yang terkumpul menjadi sangat vital.

Keabsahan data itu dikenal sebagai validitas data, sebagaimana dijelaskan Alwasilah (2008: 170) bahwa tantangan bagi segala jenis penelitian pada akhirnya adalah terwujudnya produksi ilmu pengetahuan yang valid, sahih, benar, dan beretika.

Validitas data penelitian tindakan kelas ini diuji dengan menggunakan triangulasi, yaitu:
  • Hasil belajar passing atas bola voli mini dianalisis dengan menggunakan triangulasi, yaitu dengan data yang diperoleh dari peneliti, observer, dan siswa.
  • Keaktifan siswa dianalisis dengan menggunakan data yang diperoleh dari peneliti, observer, dan siswa.
  • Aktifitas guru dianalisis dengan menggunakan data yang diperoleh dari peneliti, observer, dan siswa.
  • Penggunaan metode bantuan tutor sebaya dianalisis dengan menggunakan data yang diperoleh dari peneliti, observer, dan siswa.
  • Nilai hasil belajar passing atas bola voli mini sebelum tindakan divalidasi dengan triangulasi peneliti.
  • RPP, silabus, kurikulum divalidasi dengan triangulasi dokumen.
  • Emosi siswa divalidasi dengan triangulasi kartu ceria.
F.    Analisis Data

Data yang dianalisis meliputi data kuantitatif (dengan menampilkan angka-angka sebagai ukuran prestasi), dan data kualitatif (dengan menampilkan angka sebagai perbandingan). Analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif yang bertujuan untuk membandingkan kondisi sebelum dan sesudah diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Tahapan dalam tindakan menganalisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

1.    Reduksi Data

Reduksi data dilakukan dalam rangka pemilihan dan penyederhanaan data. Kegiatan yang dilakukan pada tahapan ini adalah seleksi data dan pembuangan data yang tidak relevan. Data-data yang relevan dengan penelitian akan diorganisasikan sehingga terbentuk sekumpulan data yang dapat memberi informasi faktual.

2.    Penyajian data

Sebelum dilakukan penyajian data sebelumnya data dianalisis sebagai berikut:
  • Hasil belajar passing atas dianalisis dengan menghitung prestasi pencapaian siklus I dan II.
  • Keaktifan siswa dianalisis kelemahan dan kelebihan siswa ketika pembelajaran berlangsung.
  • Aktivitas guru dianalisis kelemahan dan kelebihan guru ketika pembelajaran berlangsung.
  • Penggunaan metode bantuan tutor sebaya dianalisis kelemahan dan kelebihan siswa ketika pembelajaran berlangsung.
  • Nilai hasil belajar passing atas bola voli mini sebelum tindakan dianalisis dengan cara membandingkan nilai yang dicapai dengan KKM.
  • RPP dianalisis dengan analisis isi untuk melihat kesesuaian kompetensi dasar RPP dengan silabus dan kurikulum serta langkah-langkah pembelajarannya.
Penyajian data dilakukan dalam bentuk sekumpulan informasi, baik berupa tabel, bagan, maupun deskriptif naratif, sehingga data yang tersaji relatif jelas dan informatif. Tindakan lanjutan, penyajian data digunakan dalam kerangka menarik kesimpulan dari akhir sebuah tindakan.

3.    Penarikan kesimpulan

Kegiatan penarikan kesimpulan merupakan kegiatan tahap akhir dari proses analisis data. Penarikan kesimpulan disusun dengan mempertimbangkan secara evaluatif berdasarkan kegiatan-kegiatan yang ditempuh dalam dua tahap sebelumnya.

G.    Indikator Kinerja Penelitian

Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil pembelajaran passing atas melalui metode tutor sebaya yang dapat dilihat pada perolehan nilai siswa kelas V secara individual yang didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan didukung dengan perolehan nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 75%

H.    Prosedur Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, langkah-langkah dalam siklus penelitian tindakan kelas ini terdiri dari atas empat komponen, yaitu: 1) rencana,  2) tindakan, 3) observasi,  4) refleksi.

Secara  terperinci prosedur penelitian tindakan kelas ini dijabarkan sebagai berikut:

1.    Rancangan Siklus 1
a.    Perencanaan/Persiapan

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan adalah:
  • Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan skenario pembelajaran.
  • Menyusun lembar observasi.
  • Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan.
  • Memilih 3 siswa yang dijadikan tutor yang berprestasi akademik, mempunyai kemampuan pengetahuan, pemahaman dan analisa yang baik serta kemampuan merespon permasalahan, memberikan bimbingan dan adaptasi dalam satu kelompok. Dalam setiap kelompok terdapat satu siswa sebagai seorang tutor.
  • Menyusun alat evaluasi untuk mengukur seberapa  jauh penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar yang dipelajari.
b.    Pelaksanaan Tindakan
  • Guru memberikan angket untuk mengetahui sejauh mana penguasaan passing atas sebelum menggunakan  metode tutur sebaya.
  • Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
  • Guru membantu peserta didik menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  • Guru memimpin pemanasan. Setelah pemanasan selesai kemudian siswa di bariskan dan dibuat kelompok-kelompok yaitu 8-9 anak setiap kelompok, pada tiap kelompok ada 1 anak yang sudah bisa atau pandai melakukan gerakan  passing atas yang bertugas sebagai tutor teman sebaya.
  • Guru memberikan penghargaan bagi peserta didik  yang melakukan gerakan passing atas dengan benar.
c.    Observasi

Observasi pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan format pengamatan/penilaian proses pembelajaran. Sedangkan evaluasi hasil pemantauan juga dilakukan secara kolaboratif dengan mengolah data yang direkam dan memaknainya serta menentukan keberhasilan dan pencapaian tujuan tindakan ataupun hasil sampingan dari pelaksanaan tindakan.

d.    Refleksi

Menganalisis data yang diperoleh dari lembar observasi, masukan dari teman (critical friends), guru Penjas yang bersangkutan, dan kemudian dilakukan refleksi. Refleksi ini dilakukan untuk menilai tindakan yang telah diberikan. Selanjutnya mengadakan evaluasi tentang penelitian tindakan kelas, dengan cara berdiskusi tentang masalah yang muncul dalam pembelajaran.

2.    Rancangan Siklus II
  • Perencanaan/Persiapan
  • Pelaksanaan Tindakan
  • Observasi
  • Refleksi

Baca Juga:

PTK BAB II Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Penjaskes Kelas V

Contoh BAB IV PTK Penjaskes Kelas V Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
Unknown
10:52 PM

Belum ada komentar untuk "PTK Penjaskes BAB III Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Kelas V"

Post a Comment

Berminat contoh PTK lengkap plus RPP dan lampiran?
Silahkan SMS ke 081328239660

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :
Berminat contoh PTK lengkap plus RPP dan lampirannya? Silahkan SMS ke 081328239660

Contoh PTK Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Contoh PTK Proposal
Powered by Blogger.

Blog Archive

  • ►  2015 (42)
    • ►  September (1)
    • ►  April (41)
  • ▼  2014 (27)
    • ▼  February (27)
      • Contoh Proposal PTK Penjas Kelas VI Bola Voli
      • Contoh Daftar Pustaka laporan PTK IPA Kelas II ten...
      • Contoh BAB V PTK IPA Kelas II tentang alat peraga ...
      • Contoh Prosedur Penelitian PTK IPA Kelas II
      • Contoh Teknik Analisis Data PTK IPA Kelas II
      • Contoh PTK IPA Kelas II BAB IV tentang alat peraga...
      • Contoh PTK Matematikan SD BAB II konsep bangun run...
      • BAB I PTK Alat Peraga Konkrit Matematika Kelas IV
      • PTK Alat Peraga Konkrit Matematika Kelas IV Abstrak
      • Contoh PTK IPA BAB III Kelas II Terbaru
      • Contoh Abstrak PTK Terbaru IPA Kelas II
      • Contoh Motto dan Persembahan sebuah Karya Tulis PTK
      • Daftar Pustaka PTK Penjaskes Kelas V Passing Atas ...
      • Contoh PTK Penjaskes BAB V Passing Atas Bola Voli ...
      • Contoh BAB IV PTK Penjaskes Kelas V Passing Atas B...
      • PTK Penjaskes BAB III Passing Atas Bola Voli Tutor...
      • PTK BAB II Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Pen...
      • BAB I PTK Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Penj...
      • PTK Passing Atas Bola Voli Tutor Sebaya Penjas Kel...
      • Contoh Judul PTK Penjaskes SD
      • Judul PTK SD Semester II
      • Contoh Judul PTK SD Semester I
      • Daftar Pustaka PTK IPA kelas III Upaya Peningkatan...
      • PTK BAB V IPA kelas III Upaya Peningkatan Hasil Be...
      • Contoh PTK IPA kelas III BAB IV Upaya Peningkatan ...
      • Contoh PTK IPA kelas III BAB III Upaya Peningkatan...
      • Contoh PTK IPA kelas III BAB II Upaya Peningkatan ...
  • ►  2013 (4)
    • ►  October (2)
    • ►  September (2)

Labels

  • Abstrak
  • BAB I Pendahuluan
  • BAB II Tinjauan Pustaka
  • BAB III Metode Penelitian
  • BAB IV Pelaksanaan dan Hasil
  • BAB V Kesimpulan
  • Bahasa Indonesia
  • Daftar Pustaka
  • IPA
  • Judul PTK
  • Kelas II
  • Kelas III
  • Kelas IV
  • Kelas V
  • Kelas VI
  • Kenaikan Pangkat
  • Matematika
  • Motto Persembahan
  • Penjaskes
  • Proposal PTK

About Me

Unknown
View my complete profile

Search

Copyright 2013 Contoh PTK dan Proposal PTK - All Rights Reserved
Template by Mas Sugeng - Powered by Blogger