DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Badudu Zain. (1992). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Belen, S. (2003). Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka.
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Dahar, R.W. (1996). Teaching Science Through Discovery. New York: Macmillan Publishing Company.
Demaja, Christiana. (2004). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar. Artikel. http://artikel1.us/christiana6-04.html/
Depdiknas. (2003). Kegiatan Belajar Mengajar yang efektif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Jenderal Pendidiakn Dasar dan Menengah. (2004). Pedoman Pembelajaran Tuntas. Jakarta: Depdiknas
Gagne, RM., Briggs, L.J. (1979). Principles of Instructional Design. Holt. Rinehart and Winston.
Hamalik, Oemar. (2004). Media Pendidikan. Bandung: PT Aditya Bakti.
Hernawan, A.H. (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Haryanto. (2007). Sain untuk SD Kelas 3. Jakarta. Erlangga.
Hilgard, Ernest R. (1948). Theories of Learning. East Norwalk, CT, US: Appleton-Century-Crofts.
http://www.igh.org/triangulation/ Institute Global Tech yang tersedia secara online diunduh pada tanggal 8 April 2011, Pukul 13.35 WIB.
Kemmis & Mc. Taggart. (1994). The Action Research Planner. Geelong: Deaken University Press.
Mikarsa, H.L., Taufik, A., Prianto, P.L. (2007). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Millis, G.E. (2000). Action Research; A Guide for the Teacher Research. Columbus: Merrill’s Am Imprint of Prentice Hill.
Priyono, dkk. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Purwadarminta. (1994). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, M. Ngalim, MP. (1997). Psikologis Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Revans, Reg. (1998). Action Learning. New York: Hart Publishing Co.
Ristasa, R dan Prayitno. (2006). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Purwokerto: UPBJJ Purwokerto.
Ristasa, R.A. (2009). Perspektif Pendidikan IPA. Hand Out Pembimbing TAP di UPBJJ Purwokerto.
Ristasa, R.A. (2010). Pedoman Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Purwokerto: Departemen Pendidikan Nasional, Universitas Terbuka, UPBJJ Purwokerto.
Sudiarto. (1990). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjend Dikti.
Suharsimi Arikunto. (1993). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumantri M. Dan Syaodih, N (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sutarno, Nono, dkk. (2007). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Trihartanto, S.I (2007). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makalah Disajikan dalam Workshop Pengembangan Model Pembelajaran Mapel Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam bagi Guru Sekolah Dasar Provinsi Jawa Tengah. LPMP Jawa Tengah. Semarang 22-31 Oktober 2007.
Wardani, IGAK. Julaeha. Siti & Marsianah, Ngadi. (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, IGAK. Wihardi: K & Nasoetion, N. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra Udin, S. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Univertas Terbuka.
Baca Juga:
PTK BAB V IPA kelas III Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Pengaruh Energi melalui Penggunaan Metode Inkuiri