Contoh PTK dan Proposal - BAB I Pendahuluan PTK Bahasa Indonesia Kelas I Kenaikan
Pangkat Guru SD - Berikut ini contoh laporan PTK untuk persyaratan
kenaikan Pangkat guru SD kelas I mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan
judul Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Sub Pokok Bahasan
Mengulang
Deskripsi Benda-Benda di Sekitar melalui Metode Pengamatan pada Siswa
Kelas I Semester 2 SD Negeri .... Tahun Pelajaran ..... Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Tahun ….:
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
1. Identifikasi Masalah
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran penting di sekolah dasar karena merupakan mata pelajaran yang menunjang mata pelajaran lainnya. Jika keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar rendah, maka akan sangat berpengaruh pada mata pelajaran lainnya. Apalagi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah. Kelas rendah merupakan titik awal pembelajaran di sekolah dasar. Jika pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah berhasil, maka akan sangat mendukung keberhasilan mata pelajaran lainnya, demikian juga sebaliknya.
Pembelajaran di kelas rendah masih menekankan pada aspek membaca, menulis, dan berhitung, yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran pokok yang harus dikuasai oleh seluruh siswa, terutama kelas I sebagai dasar untuk mempelajari materi dan mata pelajaran lainnya.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri ...., khususnya di kelas IA pada sub pokok bahasan mengulang deskripsi benda-benda di sekitar masih menemui banyak kendala. Hal ini terbukti dari beberapa kali ulangan harian, pencapaian ketuntasan belajar siswa sangat rendah, yaitu dari 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan, baru 10 anak (50%) yang mendapat nilai tuntas, yaitu 67, sedangkan 10 siswa lainnya (50%) belum tuntas.
Pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga keaktifan dan minat belajar siswa meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan minat siswa adalah pembelajaran yang menggunakan metode pengamatan langsung terhadap benda di lingkungan sekitar.
2. Analisis Masalah
Permasalahan yang menjadi pemicu rendahnya hasil belajar siswa tersebut, setelah diidentifikasi adalah:
a. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat atau tidak sesuai dengan materi pokok bahasan.
b. Guru belum memaksimalkan penggunaan alat peraga atau media pembelajaran yang tersedia.
c. Siswa masih terlihat pasif dalam pembelajaran.
d. Siswa banyak yang bermain sendiri, bahkan sebagian ada yang bercanda dengan teman sebangku.
Permasalahan tersebut timbul karena beberapa faktor, di antaranya adalah guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang aktif, akibatnya banyak siswa yang bermain sendiri dan bahkan ada beberapa yang berlarian di dalam kelas.
3. Alternatif Pemecahan Masalah
Lingkungan sekitar adalah salah satu sumber yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran secara lebih optimal. Pembelajaran akan lebih bermakna dan bernilai bagi siswa, sebab dihadapkan langsung dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih menarik, tidak membosankan, dan dapat menumbuhkan antusiasme siswa untuk lebih giat belajar.
Aktivitas belajar siswa akan lebih meningkat dengan memungkinkannya menggunakan berbagai cara, seperti proses mengamati lingkungan sekitar, membuktikan sesuatu, dan menguji fakta (Winataputra, 2005: 5.37-5.38).
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, tindakan yang diambil sebagai alternatif pemecahan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Sub Pokok Bahasan Mengulang Deskripsi Benda-Benda di Sekitar melalui Metode Pengamatan pada Siswa Kelas I SD Negeri .... Tahun Pelajaran .....”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah:
1. Apakah metode pengamatan dapat meningkatkan keaktifan belajar Bahasa Indonesia sub pokok bahasan mengulang deskripsi benda-benda di sekitar pada siswa kelas I SD Negeri .... Tahun Pelajaran ....?
2. Apakah metode pengamatan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia sub pokok bahasan mengulang deskripsi benda-benda di sekitar pada siswa kelas I SD Negeri .... Tahun Pelajaran ....?
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah untuk:
1. Meningkatkan keaktifan belajar Bahasa Indonesia sub pokok bahasan mengulang deskripsi benda-benda di sekitar melalui metode pengamatan pada siswa kelas IA SD Negeri .... Tahun Pelajaran .....
2. Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia sub pokok bahasan mengulang deskripsi benda-benda di sekitar melalui metode pengamatan pada siswa kelas IA SD Negeri .... Tahun Pelajaran .....
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Manfaat Teoritis
Penelitian diharapkan dapat melengkapi teori pembelajaran yang berkaitan dengan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Indonesia sub pokok bahasan mengulang deskripsi benda-benda di sekitar melalui metode pengamatan pada siswa kelas I SD Negeri .... Tahun Pelajaran .....
2. Manfaat Praktis
Manfaat bagi guru
a. Meningkatkan profesionalisme guru.
b. Menambah wawasan guru.
c. Menambah pengetahuan tentang model pembelajaran dengan menggunakan metode pengamatan.
Manfaat bagi siswa
a. Meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa dalam belajar.
b. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda di lingkungan sekitar.
Manfaat bagi sekolah
a. Memberi sumbangan yang berharga bagi sekolah bahwa penggunaan metode pengamatan langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa;
b. Memberikan wawasan kepada guru-guru lain bahwa metode pengamatan dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah rendahnya hasil belajar siswa.
Baca selanjutnya pada:
Demikian
BAB I Pendahuluan contoh laporan PTK mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas I
sebagai syarat Kenaikan Pangkat Guru SD, semoga bermanfaat.