Contoh PTK dan Proposal - BAB III PTK Kenaikan Pangkat
Matematika Kelas III Metode Demonstrasi - Berikut ini contoh laporan penelitian
tindakan
kelas untuk persyaratan kenaikan pangkat Guru SD kelas 3 mata pelajaran
Matematika dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan
Siswa Mata Pelajaran Matematika tentang Keliling Bangun Datar Persegi
Panjang dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas III SD Negeri
.............. Kecamatan ........ Kabupaten ............ Semester 2
Tahun Pelajaran ............
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian, serta Pihak yang Membantu
1. Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester 2 SD Negeri .............. Kecamatan ........ Kabupaten ............ Tahun pelajaran ............. Siswa kelas III berjumlah 15 anak terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Mata pelajaran yang menjadi subjek penelitian adalah Matematika kelas III semester 2 konsep keliling bangun datar persegi panjang dengan Standar Kompetensi 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah, Kompetensi Dasar 5.1. Menghitung keliling persegi dan persegi panjang, dan Indikator 1) Menghitung keliling persegi dan persegi panjang dan 2) Menggambar persegi dan persegi panjang.
2. Tempat Penelitian
Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri .............. yang masuk di wilayah UPT Dikpora Unit Kecamatan ........, Kabupaten ............ di Kelas III semester 2 Tahun Pelajaran ............. Secara geografis Sekolah Dasar Negeri .............. terletak di antara pemukiman penduduk di pinggir jalan desa sehingga mudah dijangkau oleh seluruh siswanya yang berasal dari desa tersebut.
3. Waktu Penelitian
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran ............ pada semester 2. Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu mulai dari bulan Februari 2014 sampai dengan bulan Maret 2014. Waktu pelaksanaan penelitian per siklus adalah sebagai berikut:
a. Siklus I Rabu, 19 Februari 2014
b. Siklus II Rabu, 26 Februari 2014
Rangkaian kegiatan penelitian dari penyusunan instrumen hingga penyusunan laporan lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel jadwal penelitian perbaikan pembelajaran.
Tabel 3.1 Jadwal Penelitian Perbaikan Pembelajaran
4. Pihak yang Membantu
a. Kepala Sekolah sebagai pemberi ijin lokasi penelitian, yaitu Ibu Murtilah, S.Pd. dengan Nip. 19640122 198608 2 002.
b. Supervisor 2 sebagai pembimbing dan pengamat yang bertugas untuk membimbing pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran di kelas, mendiskusikan dan memberi masukan terhadap hasil refleksi pembelajaran dan rencana perbaikan pembelajaran, mengamati dan memberi masukan pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran, dan menuliskan semua hasil pembimbingan ke dalam jurnal pembimbingan, yaitu Ibu Marinah, S.Pd.SD, NIP. 19580706 198304 2 001.
B. Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahap. Hak ini sesuai dengan pendapat Ristasa (2007: 7-8), yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil refleksi terhadap tindakan yang dilaksanakan akan digunakan untuk merevisi rencana, jika ternyata tindakan yang dilaksanakan belum berhasil memecahkan masalah, seperti tampak pada bagan:
Gambar 3.1 Daur Penelitian Tindakan Kelas
Proses penelitian perbaikan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Masing-masing siklus dilaksanakan selama satu kali pertemuan yang terdiri dari 2 jam pelajaran (2 x 35 menit).
C. Teknik Analisis Data
1. Data
Data adalah hal paling penting dalam penelitian ini. Data penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah data hasil tes, yaitu nilai hasil evaluasi studi awal, siklus I, dan siklus II yang dilakukan pada setiap akhir perbaikan pembelajaran.
Data tingkat keaktifan belajar siswa berupa data non-tes, yaitu data hasil pengamatan keaktifan siswa dan pengamatan kinerja guru pada pembelajaran studi awal, siklus I, dan siklus II yang dilakukan selama proses perbaikan pembelajaran berlangsung oleh supervisor 2 berupa lembar pengamatan keaktifan siswa dan lembar pengamatan kinerja guru.
2. Sumber Data
Sumber data berasal dari nilai hasil evaluasi siswa Kelas III yang berupa daftar nilai dan hasil pengamatan yang berupa lembar pengamatan keaktifan siswa dan kinerja guru. Pengamatan terhadap subjek penelitian selama kegiatan berlangsung yaitu terhadap keaktifan siswa dan kinerja guru diambil dalam bentuk gambar/foto kegiatan perbaikan pembelajaran selama proses penelitian. Alat observasi berupa Lembar Observasi Kegiatan Siswa dan kinerja guru yang disiapkan oleh peneliti.
3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara tes dan non tes. Tes dilaksanakan untuk memperoleh gambaran umum tentang hasil belajar siswa dan untuk memperoleh gambaran posisi hasil belajar siswa sebanding dengan KKM. Teknik non-tes berupa pengamatan untuk memperoleh gambaran tentang keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika dan kinerja guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran.
4. Teknik Analisis Data
Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil tes di akhir tiap siklus dan catatan lapangan hasil pengamatan selama pembelajaran di kelas. Hasil tes belajar siswa pada akhir siklus dihitung nilai rata-ratanya. Jumlah siswa yang nilainya telah mencapai KKM dihitung dan dipersentasekan. Hasil tes pada siklus I dan II dibandingkan dengan kondisi awal. Jika hasil tes belajar pada siklus I dan II mengalami kenaikan maka diasumsikan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Baca seterusnya:
Demikian BAB III Pelaksanaan Penelitian Contoh Laporan PTK Kenaikan Pangkat Matematika Kelas III Metode Demonstrasi, semoga bermanfaat.