Contoh PTK dan Proposal - Contoh BAB I PTK IPA Media Tumbuhan Kenaikan
Pengkat Kelas IV SD - Berikut ini contoh laporan PTK IPA Kelas IV SD
untuk persyaratana kenaikan pangkat jabatan guru dengan judul Upaya
Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Tumbuhan pada
Siswa Kelas IV SD Negeri …………… Tahun Pelajaran ………………
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Selama ini pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah masih banyak menggunakan cara sederhana yang dipandang lebih mudah, yaitu metode ceramah. Alasan lain penggunaan metode ceramah adalah hemat biaya dan meski tanpa persiapanpun guru sudah bias masuk kelas dan menyampaikan materi secara langsung kepada siswa. Pembelajaran menggunakan metode ceramah akan menimbulkan rasa jenuh pada siswa terutama siswa sekolah dasar yang masih senang belajar sambil bermain.
Menurut Robert J. Havighurt dalam Mikarsa (1995:7) anak usia SD memiliki karakteristik senang bermain, senang bergerak, senang belajar atau bekerja dalam kelompok dan senang melakukan atau melaksanakan serta memperagakan sesuatu secara langsung. Karakteristik siswa ini membawa implikasi bahwa guru harus mampu merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur permainan, anak berpindah atau bergerak, anak bekerja dalam kelompok, dan anak terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi.
Selama ini pembelajaran IPA yang dilakukan di SD Negeri Bojong Salaman 01 masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini menimbulkan berbagai macam permasalahan yang apabila diabaikan akan menghambat pencapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu refleksi dilakukan untuk dapat menemukan kekurangan-kekurangan yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan tersebut.
Hasil refleksi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih berorientasi pada guru, kegiatan siswa hanya sebatas duduk, mendengarkan ceramah, dan mencatat. Guru masih menganggap fungsi utama mengajar adalah menyampaikan informasi tanpa memperhatikan bagaimana cara menyajikan informasi tersebut bagi siswa, sehingga materi dapat terserap baik dan maksimal. Dengan demikian kenyataan yang ada adalah rendahnya penguasaan materi mata pelajaran IPA.
Hasil ulangan harian siswa kelas IV SD Negeri Bojong Salaman 01 tentang “bagian-bagian akar dan fungsinya” masih sangat rendah, terbukti dari 35 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 37 siswa perempuan, hanya 14 siswa (40%) yang berhasil menguasai materi di atas 70%, sedangkan sisanya 20 siswa (60%) masih harus mendapatkan perbaikan.
Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran dan hasil belajar tersebut, peneliti bekerjasama dengan teman sejawat untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap adanya masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu:
1. kesungguhan belajar siswa rendah.
2. kerjasama siswa dalam kelompok belajar rendah.
3. tingkat keaktifan siswa dalam mencari informasi dan menunjukkan rasa ingin tahu rendah.
Berdasarkan identifikasi masalah, peneliti mencoba melakukan analisis masalah, berdiskusi dengan teman sejawat dan supervisor, serta bertanya kepada siswa tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari rangkaian proses tersebut, akhirnya dapat dianalisis beberapa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa, yaitu:
1. Guru tidak menggunakan alat peraga selama proses pembelajaran.
2. Guru kurang memperhatikan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
3. Guru tidak memberikan kesempatan penuh kepada siswa untuk melibatkan dirinya selama kegiatan pembelajaran
4. pembelajaran hanya berfokus pada kegiatan guru.
Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bojong Salaman 01 Tahun Pelajaran 2013/2014”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah:
1. Apakah penggunaan media tumbuhan dapat meningkatkan kerja sama siswa dalam kelompok?
2. Apakah penggunaan media tumbuhan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mencari informasi dan rasa ingin tahu siswa dalam belajar?
3. Apakah penggunaan media tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang struktur dan fungsi daun pada siswa kelas IV SD Negeri Bojong Salaman 01 semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014?
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Tujuan Umum
Tujuan umum penelitian ini adalah:
a. Untuk mengkongkritkan pembelajaran dan melibatkan siswa dalam pembelajaran IPA sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.
b. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
c. Mengembangkan model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovaif.
2. Tujuan Khusus
a. Untuk meningkatkan kerja sama siswa dalam kelompok.
b. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
c. Untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang struktur dan fungsi daun pada siswa kelas IV SD Negeri Bojong Salaman 01 semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014.
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Manfaat Teoritis
a. Mendapatkan pengetahuan baru tentang cara meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan sendiri melalui media tumbuhan.
b. Memberikan wawasan yang lebih luas tentang penggunaan media tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
c. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi Guru
1) Menambah pengetahuan dan meningkatkan profesionalitas.
2) Memperoleh cara yang tepat dalam mengajarkan IPA khususnya tentang struktur dan fungsi daun.
b. Bagi Siswa
1) Meningkatkan kesungguhan siswa dalam belajar.
2) Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.
3) Meningkatkan keaktifan siswa dalam mencari informasi dan rasa ingin tahu dalam belajar.
4) Meningkatkan hasil belajar siswa.
c. Bagi Sekolah
1) Menjadikan sekolah lebih maju, karena adanya peningkatan kemampuan guru dan pendidikan di sekolah tersebut.
2) Ketuntasan hasil yang dicapai akan mendukung pencapaian tujuan sekolah.
Baca selanjutnya:
Demikian Contoh BAB I Pendahuluan PTK IPA Media Tumbuhan Kenaikan Pengkat Kelas IV SD, semoga bermanfaat.