Contoh PTK dan Proposal - BAB I Pendahuluan PTK Kenaikan Pangkat Guru SD
Matematika Kelas III - Berikut ini contoh laporan penelitian tindakan
kelas untuk persyaratan kenaikan pangkat Guru SD kelas 3 mata pelajaran
Matematika dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan
Siswa Mata Pelajaran Matematika tentang Keliling Bangun Datar Persegi
Panjang dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas III SD Negeri
.............. Kecamatan ........ Kabupaten ............ Semester 2
Tahun Pelajaran ............
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting di sekolah dasar. Matematika di sekolah dasar menekankan pada keterampilan menghitung para siswanya, karena keterampilan menghitung pada siswa sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan nantinya.
Oleh karena itu pembelajaran matematika di sekolah dasar harus sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswanya. Karakteristik siswa sekolah dasar masih dalam tahap operasional konkret apalagi di kelas rendah, yaitu kelas I, II, dan III.
Pembelajaran matematika yang dapat diterapkan pada kelas rendah harus menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran yang disyaratkan dalam kurikulum dapat tercapai. Jika pembelajaran matematika dilaksanakan tanpa menggunakan media dan metode yang tepat, maka hasilnya akan sangat buruk.
1. Identifikasi Masalah
Sehubungan dengan uraian di atas, pembelajaran matematika di SD Negeri .............. Kecamatan ........ Kabupaten ............ khususnya di kelas rendah, guru masih sering menggunakan metode pembelajaran yang mudah dan simpel, yaitu metode ceramah dan latihan saja, sehingga hasil belajarnya sangat rendah dan masih jauh dari yang diharapkan.
Kondisi pembelajaran matematikan yang terjadi di SD Negeri .............., khususnya di kelas III kurang efektif. Siswa kurang berminta terhadap mata pelajaran matematika, sehingga rata-rata nilai ulangan harian yang diperoleh siswa pada topik keliling bangun datar persegi panjang hanya 58 dan hanya 33,3% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan miNIPal (KKM) 70.
Berdasarkan refleksi yang dilakukan guru, teridentifikasi masalah bahwa 1) siswa kelas III SD Negeri .............. kurang dapat mencari keliling bangun datar persegi panjang; dan 2) siswa pada kelas tersebut kurang memperhatikan penjelasan guru.
2. Analisis Masalah
Dari hasil identifikasi masalah tersebut, guru melakukan analisis masalah. Diperoleh kemungkinan penyebab permaslahan di atas muncul adalah sebagai berikut:
a. Guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk melakukan pengukuran langsung terhadap model bangun datar persegi panjang.
b. Saat menyampaikan materi, guru menggunakan metode ceramah.
c. Guru kurang memberikan latihan kepada siswa.
3. Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Berdasarkan analisis masalah di atas, maka guru mengusulkan alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode demonstrasi pada saaat pembelajaran tentang keliling bangun datar persegi panjang dengan menggunakan model bangun datar dari kertas berwarna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Kelas III SD Negeri ...............
B. Rumusan Masalah
Dengan memperhatikan penjelasan tersebut, maka rumusan masalah penelitiannya adalah:
1. Bagaimana menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran tentang keliling bangun datar persegi panjang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri ..............?
2. Bagaimana menerapkan metode demonstrasi ddalam pembelajaran tentang keliling bangun datar persegi panjang dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas III SD Negeri ..............?
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian adalah:
1. Meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri .............. terhadap materi tentang keliling bangun datar persegi panjang melalui penggunaan metode demonstrasi.
2. Meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SD Negeri .............. terhadap materi tentang keliling bangun datar persegi panjang melalui penggunaan metode demonstrasi.
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Manfaat penelitian ini terdiri dari dua yaitu manfaat teoritis untuk kepentingan ilmiah dan manfaat praktis untuk kepentingan terapan.
1. Manfaat Teoritis
Penelitian diharapkan dapat melengkapi teori pembelajaran yang berkaitan dengan hasil belajar siswa terhadap materi keliling bangun datar persegi panjang dan penggunaan metode demonstrasi.
2. Manfaat Praktis
a. Manfaat bagi guru
1) Meningkatkan profesionalisme dalam bidang pendidikan;
2) Memberikan solusi permasalahan terhadap mata pelajaran lainnya.
b. Manfaat bagi siswa
1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi keliling bangun datar persegi panjang pada mata pelajaran matematika;
2) Mempermudah siswa dalam melakukan pengukuran dengan bantuan model bangun datar persegi panjang.
c. Manfaat bagi sekolah
1) Memberi sumbangan yang berharga bahwa metode demonstrasi dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran yang efektif;
2) Membantu mengatasi permasalan rendahnya hasil belajar siswa secara keseluruhan dengan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran lain dan kelas lain pula.
Baca seterusnya:
Demikian BAB I Pendahuluan Contoh Laporan PTK Kenaikan Pangkat Guru SD Matematika Kelas III, semoga bermanfaat.