Contoh PTK dan Proposal - BAB V Simpulan PTK Kenaikan Pangkat
Matematika Kelas III Metode Demonstrasi - Berikut ini contoh laporan penelitian
tindakan
kelas untuk persyaratan kenaikan pangkat Guru SD kelas 3 mata pelajaran
Matematika dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan
Siswa Mata Pelajaran Matematika tentang Keliling Bangun Datar Persegi
Panjang dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas III SD Negeri
.............. Kecamatan ........ Kabupaten ............ Semester 2
Tahun Pelajaran ............
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan temuan yang diperoleh pada siklus I dan II dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Penerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran tentang keliling bangun datar persegi panjang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SD Negeri ............... Persentase keaktifan siswa studi awal adalah 66,7% siswa aktif mengikuti pembelajaran, setelah dilakukan perbaikan pembelajaran siklus I, persentase keaktifan siswa menjadi 86,7% siswa aktif mengikuti pembelajaran, sedangkan pada siklus II seluruh siswa telah aktif mengikuti pembelajaran atau 100% siswa telah aktif.
2. Penerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran tentang keliling bangun datar persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri ............... Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari kondisi awal yang hanya 58 dengan tingkat ketuntasan 33,3% menjadi 72,7 dengan tingkat ketuntasan 73,3% setelah tindakan siklus I. Setelah tindakan siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 87,3 dengan tingkat ketuntasan 100%.
B. Saran dan Tindak Lanjut
1. Saran
Berdasarkan pembahasan hasil dan kesimpulan yang telah dikemukakan maka dapat dikemukakan saran dan tindak lanjut sebagai berikut:
a. Melihat keefektifan penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika di SD, guru-guru SD perlu menggunakan metode tersebut dalam pembelajaran, khususnya matematika.
b. Untuk meningkatkan kemampuan siswa hendaknya guru lebih banyak memberikan soal atau PR yang bersifat menantang dan menarik agar siswa, dalam rnengerjakannya dengan antusias tanpa merasa terpaksa.
c. Guru hendaknya mencari altematif pemecahan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran matematika. Bila dalam melaksanakan proses pembelajaran mengalami kesulitan hendaknya guru tidak malu bertanya pada rekan kerja/guru lain.
d. Guru hendaknya menanamkan rasa cinta pada pelajaran matematika dalam diri siswa agar pelajaran matematika tidak menjadi momok yang menakutkan.
2. Tindak Lanjut
a. Hasil penelitian akan ditindaklanjuti dengan memiNIPalkan pengulangan pembelajaran. Hasil penelitian akan diujicobakan pada materi atau mata pelajaran lain.
b. Hasil penelitian akan disampaikan kepada teman seprofesi dalam pertemuan KKG atau MGMP tingkat gugus dan kecamatan.
Baca seterusnya:
Demikian
BAB V Simpulan dan Saran Tindak Lanjut Contoh Laporan PTK Kenaikan Pangkat
Matematika Kelas III Metode Demonstrasi, semoga bermanfaat.